Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SNBP (SNMPTN) 2023/2024

Kuliah di PTN yang diminati melalui jalur seleksi SNBP memang menjadi suatu hal yang sangar di idam-idamkan oleh pelajar dimanapun. Namun masih banyak yang bertanya-tanya tentang biaya pendaftaran dan biaya kuliah untuk jalur seleksi SNBP.

Baca Juga: Cara Melihat Pengumuman SNBP (SNMPTN)

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau yang dulu dikenal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, yang mana seleksinya dilaksanakan tanpa ujian tulis, namun didasarkan oleh prestasi-prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya.

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SNMPTN 2022/2023
Biaya SNMPTN

Pelajar yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester terutama semester 1 sd 5 akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNBP untuk masuk ke PTN yang diminati.

Baca Juga: [Penting!] 9 Sertifikat untuk Daftar SNBP (SNMPTN)

Ada 2 (dua) hal penting yang selalu ditanyakan oleh siswa manapun terkait jalur seleksi SNBP. 2 hal penting ini akan menjadi fokus pembahasan yang akan admin uraikan, yaitu terkait biaya pendaftaran dan biaya kuliah jalur SNBP. Tanpa berlama-lama yuk simak penjelasannya.

Biaya Pendaftaran SNBP

Ketika ingin melakukan pendaftaran SNBP, kamu pasti sering menanyakan “berapa besaran biaya pendaftaran untuk ikut SNBP?”.

Baca Juga: Cara Cetak Kartu Bukti Pendaftaran SNBP (SNMPTN)

Baca Juga:  Daya Tampung dan Peminat SNBP UPI 2024/2025

Jangan khawatir!, sejak awal dibukanya penyelenggaraan atau pendaftaran SNBP, setiap calon peserta yang ikut SNBP tidak dipungut biaya sepeserpun. Artinya biaya pendaftaran untuk ikut SNBP itu “gratis”, karena biaya pendaftaran SNBP sudah ditanggung oleh pemerintah yang telah ditetapkan dalam subsidi biaya anggaran.

Oleh karena itu, setiap calon peserta yang ikut SNBP tidak akan dipungut biaya apapun saat proses pendaftaran. Hal ini dapat meringankan beban calon peserta SNBP yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Biaya Kuliah Jalur SNBP

Disaat kamu mengikuti seleksi SNBP dan kamu dinyatakan lulus seleksi, mungkin akan ada banyak pertanyaan yang muncul, salah satunya pertanyaan yang berhubungan dengan biaya SNBP yaitu “berapa biaya kuliah yang harus di bayar jika lulus seleksi jalur SNBP di PTN tersebut?”. Pertanyaan ini sering kali muncul dalam fikiran mahasiswa baru (MABA) yang lulus seleksi PTN melalui jalur SNBP.

Buat kamu yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP, maka hal yang harus segera kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran ulang. Disaat melakukan pendaftaran ulang, ada salah satu data yang harus kamu isi yaitu data penghasilan orang tua yang berguna untuk menentukan besarnya biaya kuliah kamu.

Perlu kamu ketahui, biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saat ini telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang mana uang kuliah ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua. Uang kuliah tersebut akan dibayarkan tiap awal semester yang besarnya sama mulai dari semester 1 sampai semester akhir.

Baca Juga:  Nilai Raport Minimal Lolos SNBP UB 2024

Besarnya biaya UKT dipengaruhi oleh penghasilan masing-masing orang tua dari tiap mahasiswa yang bersangkutan, dan juga dipengaruhi oleh jurusan atau program studi yang dipilih.

Contohnya: jika Aldi kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi, tentunya biaya UKT yang dimiliki oleh Aldi akan lebih mahal atau besar dengan Dodi yang kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Umumnya mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi atau Fakultas dengan Prodi Kesehatan, biasanya orang tua mereka memiliki penghasilan yang besar. Maka UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa disini pun akan masuk dalam kategori tinggi. Berbeda halnya dengan mahasiswa yang kuliah di FKIP atau Fakultas lainnya, penghasilan orang tua mereka berada dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Oleh karena itu, UKT yang harus mereka bayar pun disesuaikan dengan penghasilan tersebut.

Agar lebih jelas kamu dapat melihat besarnya biaya UKT yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa baru, maka kamu dapat membaca informasi biaya kuliah di masing-masih PTN pada web ini.

Untuk melihat informasinya, kamu tinggal mengetikkan keyword pada kolom search yang tersedia. Misalnya seperti biaya kuliah UNSIKA, biaya kuliah UNDIP, biaya Kuliah UGM dan biaya kuliah PTN atau PTS lainnya.

Berdasarkan keterangan yang sudah kita bahas diatas, dapat disimpulkan bahwasanya jalur seleksi SNPMTN tidak mempengaruhi besar kecilnya biaya UKT yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa baru yang masuk ke PTN manapun. Karena penentuan UKT tidak didasarkan pada jalur masuk PTN yang diikuti oleh mahasiswa, namun biaya ini dipengaruhi oleh penghasilan orang tua mahasiswa yang bersangkutan dan juga jurusan atau program studi yang dipilih.

Baca Juga:  Nilai Raport Minimal Lolos SNBP UNDIP 2024

Namun perlu diketahui!, ada beberapa PTN yang membedakan biaya kuliah antara jalur masuk Nasional (SNBP dan SNBT) dengan jalur masuk mandiri.

Pada umumnya, biaya kuliah dengan jalur masuk nasional (SNBP dan SNBT) akan lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah dengan jalur masuk mandiri. Lebih jelasnya kamu harus mengetahui biaya kuliah dari tiap PTN yang akan kamu pilih, karena disini admin hanya memberikan gambaran umumnya saja.

Nah, itulah informasi biaya pendaftaran dan biaya kuliah jalur SNBP yang bisa admin bagikan. Ikuti update informasi terbaru di blog ini. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. semoga bermanfaat dan terima kasih.