[Penting!] 9 Sertifikat untuk Daftar SNBP (SNMPTN) 2023

Saat melakukan pendaftaran SNBP atau yang dulunya disebut SNMPTN kamu pastinya pernah melihat dilaman pendaftaran tertera “unggah sertifikat prestasi” atau semisalnya. Sebagai salah satu jalur masuk PTN yang berfokus pada nilai prestasi dan portofolio siswa/i seperti halnya nilai rapor.

Baca Juga: Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SNMPTN

Namun tahukah kamu, ada nilai lain yang juga menjadi faktor penting untuk menunjang kelulusan kamu di jalur ini. Ia benar, nilai prestasi dari kejuaraan atau lainnya!. Nilai prestasi ini biasanya dibuktikan dalam betuk sertifikat yang diperoleh dari ajang perlombaan tersebut.

Sertifikat Daftar SNBP

Jadi sertifikat untuk SNBP sangat dibutuhkan guna untuk membuktikan prestasi kamu. SNBP merupakan jalur yang dikhususkan untuk siswa/i dengan prestasi unggul. Dan untuk membuktikan prestasi unggul ini dibutuhkanlah sertifikat tersebut.

Baca Juga: Cara Cetak Bukti Pendaftaran SNMPTN

Tentu banyak yang bertanya, “Sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan di SNBP?”, “Apa sertifikat OSIS bisa dilampirkan di SNBP?, atau ada kriteria tertentu?”.

Baca Juga: Cara Melihat Pengumuman SNMPTN

Untuk menjawab pertanyaan yang mengambang di pikiran kamu, admin akan membahas beberapa sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar SNBP. Apa saja sertifikatnya?, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Sertifikat untuk Daftar SNBP

Berikut adalah sembilan (9) sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk dilampirkan pada saat pendaftaran SNBP. Jika kamu memiliki salah satu diantara kesembilan sertifikat yang admin jelaskan, maka jangan sungkan-sungkan untuk diunggah ya!, biar tidak hanya jadi pajangan saja.

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN

Kamu tentunya pernah mendengar olimpiade satu ini. Benar!, OSN merupakan suatu kompetisi tingkat nasional untuk siswa SD/SMP/SMA/Sederajat berada dibawah naungan Kemendikbud RI yang meliputi bidang sains seperti Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi dan lainnya.

Jika kamu pernah mengikuti olimpiade ini, sertifikan OSN bisa kamu lampirkan untuk SNBP (SNMPTN) dan bisa menambah poin penilaian kalian pada saat seleksi nanti. Untuk sertifikat yang diupload, sebaiknya sertifikat juara minimal ditingkat kabupaten/kota.

Baca Juga:  Nilai Raport Minimal Lolos SNBP UM 2024

Nah, pasti ada yang bertanya, “Bagaimana kalo yang ada hanya sertifikat OSN sebagai peserta?”

Jika kamu hanya memiliki sertifikat sebagai peserta dan ingin diupload di SNBP tentu saja boleh, nantinya kamu akan terhitung pernah mengikuti OSN mewakili sekolah SMA.

Terus ada lagi yang bertanya, “Jika memiliki sertifikat juara ditingkat kabupaten dan provinsi, mana sebaiknya yang diupload?”

Tentu saja sertifikat juara ditingkat provinsi, karena olimpiade ditingkat provinsi memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan ditingkat kabupaten. Jadi kamu tidak perlu menggunakan kedua-duanya untuk perlombaan yang sama.

2. Sertifikat O2SN

O2SN

Selanjutnya ada sertifikat O2SN (Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) yang merupakan salah satu sertifikat yang bisa dilampirkan di SNBP.

Jika OSN berfokus dibidang prestasi akademik, maka O2SN berfokus dibidang prestasi non akademik. Jadi jangan galau kalo kamu gak punya sertifikat OSN, karena kamu juga bisa melampirkan sertifikat O2SN.

Lantas, gimana sih supaya bisa dapat sertifikat O2SN?

Sertifikat O2SN bisa diperoleh melalui kejuaraan atletik, karate, pencak silat, renang, bulu tangkis atau kejuaraan lainnya.

Sama halnya seperti sertifikat OSN, sertifikat O2SN yang dilampirkan di SNBP sebaiknya yang diperoleh dari kompetisi atau diajang kejuaraan paling tinggi.

3. Sertifikat FLS2N

FLS2N

Diatas kita sudah membahas sertifikat dibidang prestasi akademik (OSN) dan prestasi non akademik bidang olahraga (O2SN). Terus gimana kalo kamu punya bakat dan sering mengikuti kejuaraan dibidang seni?, apa sertifikatnya gak bisa dipakai?.

Tentu saja bisa!,

Sertifikat FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) merupakan suatu ajang kompetisi atau kejuaraan dan pengembangan yang cukup bergengsi yang berfokus pada bidang seni.

Kamu perlu tahu!, juara FLS2N pernah dikirim untuk mengikuti kejuaraan intenasional (the 10th Intenasional Cultural Competitin Celesta 2014) pada bidang paduan suara, seni tari tradisioal, dan seni lukis. Dua medali emas dan satu perak berhasil diraih secara berturut-turut pada waktu itu.

Nah, jika kamu memiliki prestasi yang serupa, kamu bisa melampirkan sertifikat tersebut baik dibidang paduan suara, lukis, tari ataupun bidang seni lainnya yang diperoleh untuk dilampirkan pada SNBP.

4. Sertifikat Lomba LKTI dan Essay

LKTI

Kamu memiliki minat, bakat dan sering mengikuti lomba menulis seperti LKTI dan Essay?. Maka berbahagialah!, karena sertifikat LKTI dan Essay bisa kamu lampirkan pada saat pendaftaran SNBP.

Baca Juga:  Nilai Raport Minimal Lolos SNBP UNMUL 2023

Ada masih bingung apa itu LKTI atau Essay?. LKTI merupakan singkatan dari “Lomba Karya Tulis Ilmiah” atau bisa juga disebut lomba essay. Lomba ini biasanya diselenggarakan oleh pihak kampus untuk membangun kreatifitas siswa/i SMA dalam bentuk kompetisi.

Nah, untuk LKTI dan Essay sebaiknya kamu melampirkan sertifikat juara ya!.

Kok yang juara saja?, gimana kalo sertifikat peserta?. Kalo kamu hanya memiliki sertifikat peserta maka tidak perlu dilampirkan di pendaftaran SNBP, karena minimal sertifikat yang diunggah adalah finalis (juara) bukan semifinalis (peserta).

5. Sertifikat Lomba Debat

Lomba Debat

Jika punya bakat dibidang debat gimana?, apa sertifikatnya tidak bisa digunakan untuk pendaftaran SNBP?.

Tentu saja bisa!

Pernah dengar Lomba Debat Kemendikbud?. Jika belum, ayo disimak baik-baik!.

Lomba debat Kemendikbud terbagi dua, yaitu LDBI “Lomba Debat Bahasa Indonesia” dan NSDC “National School Debating Championship”.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) menggunakan format “Asian Parliamentary Debate”, sedangkan National School Debating Championship (NSDC) menggunakan forat “World Schools Debate”.

Jika kamu mengikuti dan memenangkan kejuaraan debat ini, khususnya NSDC, tak hanya akan memperoleh sertifikat lomba, 15 best speaker NSDC akan mengikuti seleksi delegasi Indonesia untuk perlombaan ditingkat Internasional yaitu “World Schools Debate Championship (WSDC)”.

Seleksi LDBI dan NSDC biasanya dilakukan secara daring dan bertahap mulai dari tingkat sekolah, provinsi, hingga nasional. Jadi jangan ragu untuk mengikuti salah satunya ya!, karena sertifikat lomba ini bisa kamu gunakan untuk pendaftaran SNBP.

6. Sertifikat Lomba Kompetisi Olimpiade, Cerdas Cermat, Baris Berbaris, dan lainnya

Perlu kamu ketahui, sertifikat perlombaan atau kompetisi apapun itu bisa kamu upload untuk pendaftaran SNBP ya!. Yang terpenting sertifikat yang diunggah bukan sertifikat peserta karena minimal sertifikat finalis.

7. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstrakurikuler

Organisasi Siswa

Senang berorganisasi?, memiliki sertifikat pengurus?, tapi tidak tahu mau dipakai buat apa?. Oops…… jangan jadi pajangan saja, kamu juga bisa melampirkan sertifikat ini untuk pendaftaran SNBP.

Kok bisa sertifikat pengurus OSIS, MPK, dan ekstrakurikuler diunggah untuk SNBP?, tentu saja bisa!. Lampiran sertifikat SNBP tidak hanya prestasi akademik saja, kamu juga bisa melampirkan sertifikat OSIS, MPK, atau ekstrakurikuler tertentu di sekolah.

Baca Juga:  Nilai Raport Minimal Lolos SNBP UNILA 2024

Contohnya, kamu menjadi ketua OSIS atau wakil ketua MPK. Sertifikat penghargaan yang diperoleh sebagai bukti kepengurusanmu di organisai tersebut adalah salah satu jenis sertifikat yang bisa dilampirkan di SNBP.

Perlu diingat, sertifikat yang dimaksud disini menunjukkan peranmu sebagai pengurus ya!, bukan hanya sekedar anggota saja. Artinya sertifikat ini berupa surat keterangan tertulis yang menyatakan dan membuktikan kepemilikanmu atas suatu prestasi atau keikusertaanmu dalam suatu kegiatan (kompetisi atau lomba). Sertifikat ini sering disebut juga dengan istilah “piagam penghargaan”.

8. Sertifikat Keahlian (Pelatihan)

Istilah ini tentunya tidak asing lagi dikalangan anak-anak “SMK”. Khusus untuk anak SMK biasanya sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan memiliki sertifikat pelatihan khusus.

Pertanyaannya, “apa boleh sertifikat keahlian dilampirkan di SNBP”. Jawabannya “boleh bangeeet”.

Sertifikat keahliaan yang diperoleh dari pelatihan khusus bisa kamu upload dan bisa menjadi nilai tambah untuk kamu agar bisa lolos di SNBP nanti.

9. E-Sertifikat untuk SNBP (SNMPTN)

Diatas kita sudah membahas sertifikat dalam bentuk hard yang biasanya diperoleh langsung. Pasti ada yang bertanya, “apa boleh e-sertifikat dilampirkan di SNBP?”.

Tentu saja boleh, hard sertifikat dan e-sertifikat memiliki nilai yang sama. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan semuanya lebih simpel dan mudah sehingga lahirlah “e-certificate”.

Kamu bisa melampirkan e-sertifikat di pendaftaran SNBP asalkan memenuhi semua ketentuan diatas, dan pastinya sertifikat ini bukanlah sebagai peserta melainkan sebagai juara.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk melampirkan e-sertifikat, yaitu:

  • Nama penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi tertera dengan jelas
  • Nama kegiatan Lomba/Olimpiade/Kompetisi tertera dengan jelas
  • E-Sertifikat yang dilampirkan sangat dianjurkan memiliki No. Sertifikatnya (kode unik yang berbeda untuk setiap pemegang sertifikatnya)

Nah, itulah informasi mengenai sertifikat yang bisa digunakan untuk pendaftaran SNBP. Jika kamu masih punya waktu, dan ada sertifikat yang ingin dikejar di ajang tertentu, maka segera persiapkan diri kamu untuk mengikuti kompetisinya, supaya memperoleh sertifikat untuk dilampirkan di SNBP nantinya.

Jangan lupa pantau terus update terbaru informasi di blog ini dan bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.