10+ Sekolah Ikatan Dinas 2022/2023 yang Membuka Pendaftaran

Menjadi mahasiswa di Sekolah Ikatan Dinas, tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pelajar maupun orang tuanya. Ada begitu banyak sekolah ikatan dinas di Indonesia. Baik itu berada dibawah Kementerian maupun Non Kementerian.

Sekolah Ikatan Dinas dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas. Sekolah kedinasan merupakan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan secara gratis sampai mahasiswa lulus dan setelah lulus akan diangkat menjadi ASN atau PNS.

10+ Sekolah Ikatan Dinas 2022/2023 yang Membuka Pendaftaran
Daftar Sekolah Ikatan Dinas

Sedangkan sekolah kedinasan non ikatan dinas merupakan sekolah tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pada umumnya dimana biaya kuliahnya ditanggung oleh mahasiswa itu sendiri sampai lulus kuliah dan setelah lulus mencari pekerjaan sendiri.

Dari dua pilihan tersebut, tentunya kamu akan memilih untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan yang bebas biaya kuliah dan pekerjaan pun sudah terjamin. Jika dilihat dari kepopulerannya, Sekolah Ikatan Dinas memang tidak sepopuler Perguruan Tinggi Negeri. Namun ada beberapa sekolah kedinasan yang terkenal dan banyak diminati yaitu IPDN, PKN STAN dan Polstat STIS.

Walaupun hanya 3 nama diatas yang terkenal, sebetulnya masih banyak sekolah ikatan dinas yang tidak diketahui karena tidak populer, seperti STMKG, STSN, STIN, POLTEKIP dan POLTEKIM, PTDI STTD dan beberapa Perguruan Tinggi dibawah Kemenhub lainnya.

Meskipun sekolah ikatan dinas tersebut tidak sepopuler PTN seperti UI, UGM, UB, dll. Namun karena keunggulan yang dimilikinya begitu banyak, maka peminatnya pun cukup banyak. Hal ini dapat dilihat dari data statistik peserta yang mendaftar sekolah kedinasan dari tahun ketahun yang cenderung bertambah.

Berdasarkan salah satu sumber berita menyebutkan bahwa peminat sekolah ikatan dinas dari tahun 2018 sebanyak 323.669, sedangkan peminat ditahun 2017 berjumlah 284.697 orang. Gimana?, bertambah cukup signifikan bukan?. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa kedepannya angka tersebut akan terus bertambah. Jadi jangan heran jika untuk lulus di sekolah ikatan dinas bukanlah hal yang mudah.

Buat kamu yang ingin melakukan pendaftaran di salah satu sekolah ikatan dinas yang dibuka tahun ini, maka kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar harapan kalian untuk dapat diterima dan menjadi mahasiswa/taruna di salah satu sekolah kedinasan ini dapat terwujudkan.

Daftar Sekolah Ikatan Dinas

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas, ada begitu banyak Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia. Buat kamu yang tertarik dan ingin melanjutkan pendidikan disekolah kedinasan. Berikut adalah daftar sekolah ikatan dinas yang harus kamu ketahui.

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang lebih dikenal dengan singkatan IPDN merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (KEMENDAGRI) yang menyelenggarakan pendidikan program vokasi, akademik dan profesi.

Berawal dari Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) yang didirikan pada 17 Maret 1956 di Malang, yang kemudian pada tahun 2009 Akademi ini bertransformasi menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berdasarkan Perpres No. 1 tahun 2009 dan dilanjutkan dengan Permendagri No. 36 tahun 2009.

Saat ini IPDN telah terakreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, berdasarkan SK BAN-PT No. 1076/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021. IPDN memiliki beberapa kampus yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia, dan kampus utamanya berlokasi di Jalan Raya Bandung-Sumedang Km.20 Jatinangor, Sumedang.

Baca Juga:  Pendaftaran Online Bidikmisi 2023/2024 (Jadwal, Syarat dan Cara Mendaftar)

Untuk lulusan IPDN dipersiapkan dengan baik untuk menjadi kader pemerintah, baik itu ditingkat daerah maupun ditingkat pusat. Adapun daftar fakultas dan program studi yang ada di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebagai berikut:

Fakultas Politik Pemerintahan, terdiri dari:

  • Prodi S1 Kebijakan Pemerintahan
  • Prodi D4 Politik Pemerintahan
  • Prodi D4 Pembangunan dan Pemberdayaan

Fakultas Manajemen Pemerintahan, terdiri dari:

  • Prodi S1 Manajemen Pemerintahan
  • Prodi S1 Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Prodi S1 Manajemen Keuangan
  • Prodi S1 Manajemen Pembangunan
  • Prodi D4 Keuangan Daerah
  • Prodi D4 Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Prodi D4 Manajemen Sumber Daya Aparatur

Fakultas Hukum Tata Pemerintah, terdiri dari :

  • Prodi D4 Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Prodi D4 Praktik Perpolisian Tata Pamong
  • Prodi D4 Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

Program Pendidikan Pascasarjana, terdiri dari :

  • Prodi S2 (Magister) Administrasi Pemerintahan Daerah (MAPD)
  • Prodi S3 (Doktor) Ilmu Pemerintahan

Untuk jenjang Pascasarana, penerimaan calon taruna IPDN biasanya dibuka melalui jalur tersendiri, bukan melalui jalur Ikatan Dinas. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di IPDN kamu bisa mengaksesnya di website resmi IPDN yaitu https://ipdn.ac.id/.

2. Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang lebih dikenal dengan singkatan Polstat STIS merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang bernaung dibawah Badan Pusat Statistika dan menyelenggarakan pendidikan dibidang statistik.

Berawal dari Akademi Ilmu Statistik (AIS) yang didirikan pada tanggal 11 Agustus 1958 yang kemudian berubah menjadi Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS) pada 3 Oktober 2016 berdasarkan SK Menristekdikti No. 429/KPT/I/2016. Kampus Polstat STIS berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata No.64C, Jakarta.

Adapun daftar program studi yang ada di Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Polstat STIS) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D3 Statistika
  • Prodi D4 Statistika
  • Prodi D4 Komputasi Statistik

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ikatan dinas di Polstat STIS, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi Polstat STIS yaitu https://stis.ac.id/.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau yang lebih dikenal dengan singkatan STMKG merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan BMKG dan menyelenggarakan pendidikan vokasi dan akademik dibidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi klimatologi dan geofisika.

Berawal dari Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) yang didirikan pada tahun 1955 di Bandung, nama ini kemudian mengalami perubahan menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) pada tahun 2014 berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 35 tahun 2014. Kampus STMKG berlokasi di Jalan Perhubungan I No. 5 Komplek BMKG, Pondok Betung Bintaro, Pondok Aren, Tangse, Banten.

Adapun daftar program studi yang ada di Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Meteorologi
  • Prodi D4 Klimatologi
  • Prodi D4 Geofisika
  • Prodi D4 Instrumentasi

Jika kamu berminat untuk menempuh pendidikan di kampus STMKG, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi STMKG yaitu https://stmkg.ac.id/.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau yang lebih dikenal dengan singkatan STIN merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menyelenggarakan pendidikan dibidang intelijen.

Berawal dari Institut Intelijen Negara (IIN) yang didirikan pada tanggal 9 Juli 2003 oleh Presiden Republik Indonesia, Institut ini kemudian mengalami perubahan pada tahun 2004 menjadi Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Kampus STIN berlokasi di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:  Pendaftaran POLWAN 2023/2024 (Polisi Wanita)

Adapun daftar program studi yang ada di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah sebagai berikut:

  • Prodi S1 Agen Intelijen
  • Prodi S1 Teknologi Intelijen
  • Prodi S1 Cyber Intelijen
  • Prodi S1 Ekonomi Intelijen
  • Prodi S2 Terapan Intelijen Medik
  • Prodi S2 Terapan Teknologi dan Cyber
  • Prodi S2 Terapan Intelijen Ekonomi
  • Prodi S2 Kajian Intelijen
  • Prodi S3 Analisis Strategi Intelijen

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di kampus STIN, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi STIN https://stin.ac.id/.

5. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara atau yang lebih dikenal dengan singkatan Poltek SSN merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Lembaga Sandi Negara dan menyelenggarakan pendidikan dibidang persandian.

Berawal dari pendidikan sandi yang didirikan pada tahun 1946, perguruan tinggi ini kemudian mengalami metamorphosis menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berdasarkan SK Menristekdikti No. 03/M/I/2018 dan disetujui oleh Menpan No. B/1007/M.KT.01/2019. Kampus Poltek SSN berlokasi di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Adapun daftar program studi yang ada di Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Rekayasa Keamanan Siber
  • Prodi D4 Rekayasa Kriptografi dengan bidang dua bidang minat yaitu Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi dan Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi.
  • Prodi D4 Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di kampus Poltek SSN, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan mengikuti persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi https://poltekssn.ac.id/.

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau yang lebih dikenal dengan singkatan POLTEKIP merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Berawal dari Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1964 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 270/1964, yang kemudian berganti nama menjadi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP). Kampus POLTEKIP berlokasi di Jalan Raya Gandul No.4 Limo, Depok.

Adapun daftar program studi yang ada di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Manajemen Pemasyarakatan
  • Prodi D4 Teknik Pemasyarakatan
  • Prodi D4 Bimbingan Pemasyarakatan

Jika kamu berminat untuk menempuh pendidikan di Kampus POLTEKIP, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi POLTEKIP yaitu https://poltekip.ac.id/.

7. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Politeknik Imigrasi atau yang lebih dikenal dengan singkatan POLTEKIM merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Berawal dari Akademi Imigrasi (AIM) yang didirikan pada tanggal 21 Desember 159 berdasarkan SK Menteri Kehakiman RI No. J.P.17/59/11. Akademi ini kemudian betransformasi menjadi Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) pada tahun 2016 sesuai SK Menristekdikti No. 227/KPT/I/2016. Kampus Poltekim berlokasi di Jalan Raya Gandul Cinere No. 4, Kota Depok.

Adapun daftar program studi yang ada di Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian
  • Prodi D4 Administrasi Keimigrasian
  • Prodi D4 Hukum Keimigrasian
  • Prodi D3 Keimigrasian

Jika kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan di kampus Poltekim, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan pihak Poltekim. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi Poltekim yaitu https://poltekim.ac.id/.

8. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI STTD)

Polteknik Transportasi Darat Indonesia STTD atau yang lebih dikenal dengan singkatan PTDI STTD merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan menyelenggarakan pendidikan dibidang transportasi darat.

Baca Juga:  Pendaftaran Online POLRI-POLISI 2022/2023 Dibuka?, Cek Jadwal Pendaftarannya

Bermula dari Akademi Lalu Lintas (ALL) yang didirikan pada tanggal 8 September 1951 oleh Presiden RI pertama yaitu Ir. H. Soekarno. Akademi ini kemudian mengalami transformasi menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan selanjutnya ditingkatkan lagi menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) berdasarkan Kepres No. 41 tahun 2000. Kampus PTDI STTD berlokasi di Jalan Raya Setu No.89, Bekasi.

Adapun daftar program studi yang ada di Polteknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI STTD) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Transportasi Darat
  • Prodi D3 Manajemen Transportasi Jalan
  • Prodi D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • Prodi S2 Pemasaran, Inovasi, Dan Teknologi
  • Prodi S2 Teknik Keselamatan Dan Resiko

Jika kamu berminat untuk menempuh pendidikan di PTDI STTD, kamu bisa mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi PTDI STTD yaitu https://ptdisttd.ac.id/.

9. Perguruan Tinggi KEMENHUB

Selain Polteknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI STTD) masih banyak Perguruan Tinggi lainnya yang berada dibawah naungan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) seperti Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) dan lainnya. Selengkapnya kamu bisa melihat daftar Perguruan Tinggi dibawah Kemenhub berikut ini.

Matra Darat, diantaranya yaitu:

  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI STTD) Bekasi
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal
  • Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
  • Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali

Matra Laut, diantaranya yaitu:

  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang
  • Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya
  • Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong

Matra Udara, diantaranya yaitu:

  • Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang
  • Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan disalah satu kampus diatas, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi Sipencatar Kemenhub yaitu https://sipencatar.dephub.go.id/.

10. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN atau lebih dikenal dengan singkatan PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang berada dibawah naungan Kementerian Keuangan Negara (Kemenkeu) RI dan menyelenggarakan pendidikan dibidang keuangan negara.

Berawal dari Kursus Jabatan Ajun Akuntan yang didirikan pada 31 Juli 1952 melalui SK Menkeu No. 167941/UP. Institusi ini kemudian bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara (STAN) berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 137/PMK.01/ 2015. Kampus PKN STAN berlokasi di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangsel, Banten.

Adapun daftar program studi yang ada di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) adalah sebagai berikut:

  • Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik
  • Prodi D4 Manajemen Keuangan Negara
  • Prodi D4 Manajemen Aset Publik
  • Prodi D3 Akuntansi
  • Prodi D3 Pajak
  • Prodi D3 PBB/Penilai
  • Prodi D3 Kepabeanan dan Cukai
  • Prodi D3 Kebendaharaan Negara
  • Prodi D3 Manajemen Aset

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di Kampus PKN STAN, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengakses website resmi PKN STAN yaitu https://www.pknstan.ac.id/.

Nah, itulah informasi mengenai daftar sekolah ikatan dinas yang bisa admin bagikan. Pilihlah dengan tepat salah satu sekolah ikatan dinas yang sesuai dengan kemampuan, minat dan cita-cita yang ingin kamu wujudkan. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.