Ingin Kuliah di Luar Negeri?, Cek 9 Cara Ampuh Lolos Beasiswa di Luar Negeri

Menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa tentunya menjadi impian banyak orang. Dengan demikian, kita akan semakin dekat dengan cita-cita dan memperoleh pekerjaan sesuai dengan profesi yang diimpikan.

Tak heran!, dalam prosesnya ada banyak kendala yang datang dan salah satunya adalah persoalan ekonomi. Oleh karena itu, beasiswa menjadi alternatif dan solusi untuk melanjutkan pendidikan dan menggapain mimpi.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa akan memberikan berbagai fasilitas diantaranya potongan biaya pendidikan hingga selesai, dan ada juga yang menyediakan tunjangan hidup bahkan tempat tinggal.

Baca Juga: 6 Beasiswa Luar Negeri Dengan Nilai Rapor

Namun, untuk memperoleh beasiswa pun bukanlah hal mudah, karena ada begitu banyak pendaftar yang menginginkan hal yang sama. Untuk itu kamu harus tahu cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Beberapa diantaranya berlaku untuk jenjang S1 dan S2.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Seperti penjelasan diatas, mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah. Apalagi beasiswa untuk kuliah di luar negeri, tentu saja lebih rumit karena persaingan dengan berbagai pelajar mancanegara. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir!. Berikut adalah beberapa cara untuk memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri.

1. Tekad yang Kuat

Dimulai dari tekad yang kuat!. Kamu tidak akan bisa memulai apapun jika tidak diawali oleh keinginan. Keinginan pun akan terwujud jika diikuti oleh tekad yang kuat untuk memperoleh apapun yang kamu inginkan. Karena percuma jika kamu memiliki keinginan jika tidak memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Jadi mari bertekad untuk bisa, karena kamu pasti bisa. “Believe in your self!

Baca Juga: 20 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri yang Banyak Diminati

2. Memiliki Banyak Prestasi Akademik

Prestasi akademik adalah hal paling penting dan paling dasar yang harus kamu miliki untuk bisa mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri. Dengan hal inilah penyedia beasiswa dapat mempertimbangkan apakah kamu layak atau tidak untuk diterima diprogram mereka.

3. Riset Lembaga Penyedia Program Beasiswa

Sebelum menelusuri lebih jauh, sebaiknya kamu juga harus tahu lembaga mana yang akan menjadi incaran kamu. Setelah itu, cari tahu banyak tentang lembaga terkait. Dalam hal ini termasuk detail fasilitas beasiswa yang ditawarkan.

4. Hubungi Lembaga

Setelah tahu lembaga mana yang ingin kamu pilih dan telusuri, maka kamu bisa langsung menghubungi pihak lembaga yang bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan maksud kamu yang ingin mendaftar beasiswa dan mengkonfirmasi hal-hal yang mungkin masih kurang jelas.

Baca Juga:  6 Beasiswa Luar Negeri Dengan Nilai Rapor

5. Siapkan Surat Rekomendasi

Selain menghubungi lembaga terkait. Hal lain yang juga sangat penting untuk dilakukan dalam mendaftar beasiswa adalah menyiapkan surat rekomendasi dari lembaga pendidikan sebelumnya. Bagi kamu yang mengincar program S1, kamu bisa memintanya dari pihak sekolah. Sedangkan untuk yang ingin melanjutkan jenjang S2, kamu bisa meminta surat rekomendasi dari universitas dimana kamu menempuh jenjang S1.

Baca Juga: 6 Beasiswa Unggulan Kemendikbud

6. Mahir Berbahasa Asing

Ini menjadi hal yang sangat “important” untuk kamu ketahui!. Sebelum memutuskan mendaftar beasiswa ke luar negeri, alangkah lebih baik apabila kamu sudah lumayan mahir berbahasa asing. Hal ini dikarenakan mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri biasanya perlu mengantongi hasil tes “Bahasa Inggris” dengan skor tertentu seperti TOEFL, IELTS, dll. Demikian juga negara tertentu yang mengharuskan kamu mengambil kursus terlebih dahulu.

7. Mulai Membuat CV, Motivation Letter dan Essay

Sama halnya seperti mendaftar program lainnya. Kamu juga harus menyiapkan dokumen penting yang harus disertakan adalah CV (Curriculum Vitae) yang berisi data diri dan track record akademik. Lalu, motivation letter biasanya ditulis dalam Bahasa Inggris yang berisi alasan kamu ingin mendaftar beasiswa tersebut. Terakhir ialah essay yang sekarang banyak dijadikan syarat untuk memperoleh beasiswa.

8. Latihan Wawancara

Bila kamu sudah dinyatakan lulus seleksi berkas, biasanya kamu diminta untuk mengikuti wawancara. Agar proses wawancara berjalan lancar maka kamu sebaiknya berlatih terlebih dahulu. Akan tetapi, jangan lupa untuk menjadi diri sendiri dan jangan dibuat-buat.

9. Daftar Beasiswa

Setelah kamu menyiakan dan melampirkan semua dokumennya. Kamu bisa mendaftar dengan cara yang sudah ditetapkan oleh lembaga terkait. Biasanya pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan berkas melalui e-mail.

Daftar Program Beasiswa Luar Negeri

Program beasiswa kuliah di luar negeri memang sudah umum diadakan oleh pihak dalam negeri. Namun ada juga negara-negara tertentu yang menyediakan beasiswa bagi pelajar asing untuk melanjutkan pendidikan di negaranya. Adapun beberapa program beasiswa yang bisa kamu “apply” untuk kuliah di luar negeri, diantaranya adalah:

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dibawah pengawasan langsung oleh Kemenkeu (Kementerian Keuangan).

Selain memfasilitasi beasiswa untuk Universitas dalam negeri, program ini juga memfasilitasi pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Program ini bisa menjadi salah satu cara memperoleh beasiswa luar negeri.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi beasiswa LPDP yaitu: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation diselenggarakan berdasarkan kerjasama pihak swasta. Beasiswa ini menjadi cara memperoleh beasiswa ke luar negeri setelah kamu menyelesaikan pendidikan SMA dengan minimal nilai rata-rata “70”.

Sama seperti beasiswa LPDP, beasiswa ini juga menyediakan beasiswa pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Kamu yang mendaftar pada program beasiswa Sampoerna akan mendapatkan tunjangan biaya pendidikan dan pengembangan pendidikan karakter.

Baca Juga:  20 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2023/2024 yang Banyak Diminati

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi beasiswa Sampoerna Foundation yaitu: https://www.sampoernafoundation.org/.

3. Global Korea Scholarship

Global Korea Scholarship adalah beasiswa yang disediakan untuk pelajar dari luar korea yang akan melanjutkan pendidikan sarjan dan pascasarjana. Di program beasiswa ini, peserta dapat memilih sendiri universitas mana yang diinginkan.

Sebelum memulai proses belajar, peserta beasiswa akan dibekali pelatihan bahasa korea selama 1 tahun. Peserta juga akan diberi berbagai tunjangan seperti biaya hidup, asuransi kesehatan hingga biaya penelitian.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi Global Korea Scholarship yaitu: http://posspika.kemdikbud.go.id/beasiswa-gks.

4. Turkiye Burslari Scholarship

Selanjutnya beasiswa Turkiye Burslari Scholarship yaitu beasiswa luar negeri yang banyak diminati oleh pelajar, karena kamu tidak harus memiliki sertifikat bahasa seperti TOEFL dan IELTS untuk mendaftar.

Peserta yang memperoleh beasiswa ini akan diberikan tunjangan mulai dari tiket pesawat hingga asrama. Kamu akan diberikan tunjangan penuh selama menempuh pendidikan di Turki.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi Turkiye Burslari Scholarship yaitu: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/.

5. Beasiswa Pemerintah Rusia

Sama halnya seperti beasiswa di Turki, beasiswa di negara Rusia juga tidak mewajibkan pesertanya memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Hal ini dikarenakan pemerintah Rusia memberi pendidikan Bahasa Rusia secara gratis selama 1 tahun.

Program ini tentu saja bisa dijadikan cara memperoleh beasiswa di luar negeri. Terhitung dari tahun 2019, sebanyak 161 pelajar di Indonesia berhasil melanjutkan pendidikannya di negara Rusia.

6. Brunei Darussalam Goverment Scholarship

Program beasiswa “BDGS” bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri namun untuk jarak yang tidak terlalu jauh. Hal ini dikarenakan program beasiswa ini disedikan oleh pemerintah Brunei Darussalam untuk jenjang S1 dan S2. Menariknya, pilihan kampus yang disediakan juga sangat beragam, diantaranya adalah:

  • Universiti Brunei Darussalam
  • Universiti Islam Sultan Sharif Ali
  • Universiti Teknologi Brunei
  • Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan
  • Politeknik Brunei

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi Brunei Darussalam Goverment Scholarship yaitu: https://www.mfa.gov.bn/online-bdgs.

7. KAIST Scholarship

Beasiswa KAIST Scholarship berfokus pada jurusan dibidang teknologi yang terletak di Korea Selatan. Fasilitas yang dijanjikan termasuk biaya kuliah gratis selama delapan semester, biaya hidup hingga asuransi kesehatan.

Program beasiswa KAIST memang ditujukan untuk calon mahasiswa internasional yang lulus sebelum tenggat waktu tertentu. Selin menyiapkan dokumen penting, kamu juga harus melakukan TOEIC (Test of English for Internasional Communication).

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi KAIST Scholarship yaitu: https://www.kaist.ac.kr/.

8. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa Mitsui Bussan Scholarshipsangat cocok untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di negeri Sakura, yaitu Jepang. Kamu akan memperoleh jaminan biaya pendidikan selama 5 tahun, termasuk didalamnya 1,5 tahun kursus Bahasa Jepang dan 4 tahun masa perkuliahan. Bukan hanya itu, fasilitas lainnya termasuk tunjangan hidup dan biaya transportasi bolak-balik.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi Mitsui Bussan Scholarship yaitu: https://www.mbkscholarship-id.com/.

Baca Juga:  Beasiswa BI 2023/2024 (Bank Indonesia)

9. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship diadakan oleh pemerintah Belanda bersama Nuffic Neso Indonesia, yaitu organisasi non-profit yang berpusat di Kota Denmark. Beasiswa ini menawarkan kemungkinan untuk berkuliah di antara 25 kampus ternama yang ada di Belanda. Syarat utamanya adalah menjadi mitra beasiswa Orange Tulip Scholarship. Kamu akan memperoleh potongan 30-100% biaya pendidikan sampai tuntas.

10. IFA Paris Scholarship

IFA Paris Scholarship menawarkan 3 cakupan beasiswa berdasarkan potongan biaya pendidikan. Fokus dari beasiswa IFA Paris adalah jurusan dibidang fashion. Mengingat negera Perancis memang terkenal sebagai pusat fashion dunia.

Adapun jurusan yang bisa dipilih adalah:

  • Bachelor Fashion Design and Technology;
  • Bachelor Visual Merchandising;
  • Bachelor Fashion Marketing;
  • Bachelor Fashion Sustainability.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa ini kamu bisa mengakses langsung website resmi IFA Paris Scholarship yaitu: https://www.ifaparis.com/admissions/scholarships/.

Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa tentunya bisa membantu pendanaan proses belaajr anda di luar negeri. Selain bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu juga akan memperoleh berbagai manfaat dengan kuliah di luar negeri, diantaranya adalah:

1. Memperoleh Gelar Ternama

Belajar diluar negeri memampukan kamu untuk memperoleh gelar ternama yang akan sangat bermanfaat ketika kamu melamar kerja. Dengan cara ini, kamu bisa memperoleh peluang karir dengan tingkat pendapatan tinggi diberbagai perusahaan impian, serta titik awal yang baik untuk perjalanan karir kamu selanjutnya.

2. Dapat Bekerja di Luar Negeri Setelah Lulus

Ada banyak negara yang mengizinkan pelajar internasional untuk bekerja dan memulai karir mereka di negara tempat mereka belajar usai kelulusan. Ini berarti kamu mengakses peluang kerja di luar negeri dengan tingkat pendapatan yang lebih tinggi serta yang mampu mendorong perjalanan karir kamu.

3. Temukan Budaya Baru dan Mengembangkan Diri di Luar Zona Nyaman

Belajar diluar negeri akan mengarkan kamu banyak hal. Kamu akan belajar menghargai keberagaman budaya. Selain itu, kamu juga bisa mengasah berbagai kemampuan untuk mengembangkan diri kamu sebagai seorang pribadi dan tenaga profesional.

Dalam hal ini, memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri menjadi langkah awal untuk memulai semuanya. Namun, hak ini tidak seharusnya menjadi alasan utama kamu untuk kuliah di luar negeri. Berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh jauh lebih berharga baik dari segi waktu maupun investasi yang kamu keluarkan, dengan atau tanpa beasiswa.

4. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Asing

Dengan kamu belajar di luar negeri, kamu akan terjun langsung ke berbagai lingkungan yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Hal ini tentu saja akan membantu kamu dalam memperoleh lebih banyak kesempatan di berbagai negara dalam mengembangkan karir.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa admin bagikan. Persiapkanlah diri kamu dari sekarang untuk mendaftar dan mengincar kampus impian kamu. Hal-hal dasar yang bisa kamu persiapkan adalah dengan mengumpulkan prestasi dan memperlancar kemampuan berbahasa asing.

Jangan lupa update terus informasi terbaru di blog ini dan bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.