Pendaftaran Beasiswa BRI 2023 Dibuka?, Cek Syarat Pendaftarannya

Bagi pelajar mendapatkan beasiswa untuk melanjutan pendidikan ke Perguruan Tinggi yang diminati merupakan suatu hal yang diimpikan. Khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal). Tentunya tidak ada pengecualian bagi siapapun dan daerah manapun bagi mereka yang ingin mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Belakangan ini memperoleh beasiswa memang menjadi andalan bagi siapapun yang ingin terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sebetulnya ada beberapa jenis beasiswa yang bisa diikuti. Salah satu beasiswa yang paling sering ditemui adalah beasiswa prestasi yang dikhususkan bagi mahasiswa aktif yang berprestasi dibidangnya.

Pendaftaran Beasiswa BRI 2022 Dibuka?, Cek Syarat Pendaftarannya
Beasiswa Bank BRI

Beasiswa yang ditawarkan pun berasal dari berbagai pihak, dan salah satunya adalah beasiswa dari Bank BRI. Bank Rakyat Indonesia atau disingkat BRI adalah salah satu penyedia beasiswa di Indonesia. Program yang disediakan oleh bank BRI pun beragam, salah satunya adalah beasiswa program BNC atau Beasiswa Nusantara Cerdas yang dengan 3 (tiga) kategori yaitu terdepan, terpencil dan terluar.

Beasiswa BNC dari Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau lebih dikenal BRI merupakan salah satu bank milik BUMN. Bank BRI didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto pada zaman Hindia Belanda di Jateng oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama “De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden “ yang berarti (Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”.

Seiring berkembangnya, BRI telah banyak menunjang berbagai kegiatan di dunia pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik Indonesia. Hal ini diwujudkan BRI dalam program BNC (Beasiswa Nusantara Cerdas). BNC sendiri adalah program bersama yang diselenggarakan atas kerjasama antara PT Bank BRI dengan Kemenristekdikti.

BNC menawarkan beasiswa penuh kepada mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi yang bermitra dengan BRI. Biaya yang ditanggung mencakup biaya pendidikan penuh selama 4 tahun (8 semester), biaya perlengkapan kuliah dan biaya pengembangan diri. Menariknya, bagi penerima beasiswa BNC tidak akan dibebani masa bakti dari bank BRI. Dengan demikian, penerima beasiswa bebas memilih karirnya setelah selesai kuliah.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru AMI Medan T.A 2022/2023

Demikian juga sebaliknya, jika penerima beasiswa berminat untuk menjadi bagian dari BRI maka mereka harus memenuhi persyaratan yang berlaku sama halnya dengan calon pendaftar pada umumnya. Bank BRI bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia, dengan tujuan agar beasiswa ini dapat menjangkau seluruh tingkatan pendidikan di Nusantara. Jadi, penerima beasiswa dapat memilih dan tidak perlu khawatir untuk pilihan yang dimiliki tidak terdaftar dalam beasiswa BRI.

Beasiswa BNC biasanya diberikan ketika calon penerima beasiswa sudah memasuki masa perkuliahan. Jadi tidak heran jika pengumuman yang diberikan biasanya akan tercantum di website resmi dari masing-masing PTN yang bermitra dengan Bank BRI. Sama halnya dengan beasiswa untuk mahasiswa aktif lainnya, beasiswa BNC berlaku untuk semua mahasiswa dari seluruh program studi.

1. Persyaratan Beasiswa BNC dari BRI

Adapun beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendaftaran beasiswa BRI adalah sebagai berikut:

  • Calon penerima beasiswa BRI merupakan mahasiswa S1 aktif dari berbagai program studi;
  • Mengupload dan mengisi fomulir pendaftaran yang disediakan secara lengkap dan benar;
  • Bagi calon penerima beasiswa BRI harus memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) minimal 8.00;
  • Calon penerima beasiswa BRI harus memiliki nilai IPK minimal sebesar 3.00 dari 4.00;
  • Mengumpulkan beberapa fotokopi identitas, yaitu: Kartu Tanda Mahasiwa (KTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Ijazah, Nilai Ujian Nasional (UN);
  • Calon penerima beasiswa BRI juga harus mengumpulkan beberapa berkas utama, diantaranya: fotokopi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diperoleh dari Kelurahan masing-masing atau lembar penghasilan Orang tua dan menyertakan foto diri dengan latar belakang rumah, ruang tamu, tempat tidur dan dapur sebanyak (4 lembar).
  • Jika calon penerima beasiswa memiliki prestasi yang diakui, maka sertakan fotokopi sertifikat prestasi untuk nilai tambah
Baca Juga:  6 Beasiswa Luar Negeri Dengan Nilai Rapor

2. Tata Cara Pendaftaran Beasiswa BNC BRI

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon penerima beasiswa BCN Bank Bri. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dengan lengkap dan mengupload dokumen yang diperlukan di laman resmi universitas yang bekerjasama dengan beasiswa BCN BRI;
  • Cetak formulir pendaftaran online dan kumpulkan pada fakultas atau universitas dimana kamu menempuh pendidikan;
  • Dokumen yang dikumpulkan di fakultas atau universitas meliputi berbagai dokumen yang sudah difotokopi;
  • Pihak universitas akan memproses pendaftaran administrasi yang dilakukan oleh mahasiswa untuk dikirim ke pihak bank BRI;
  • Pengumuman resmi mahasiswa yang lolos seleksi administrasi akan dihubungi oleh pihak universitas;
  • Pengumuman seleksi selanjutnya akan diinfokan melalui SMS atau Email dan pemberitahuan dari kampus yang bersangkutan.

3. Keunggulan Beasiswa BNC BRI

Ada beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti dan memperoleh beasiswa BRI, keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  • Penerima beasiswa BRI akan mendapatkan biaya kuliah penuh selama 8 semester atau 4 tahun;
  • Penerima beasiswa mendapatkan biaya khusus perlengkapan kuliah;
  • Penerima beasiswa memperoleh biaya khusus pengembangan diri;
  • Tidak dibebani masa bakti setelah lulus kuliah;
  • Bebas memilih karir setelah menyelesaikan pendidikan.

4. Perguruan Tinggi Penerima Beasiswa BRI

Untuk dapat menyelenggarakan program beasiswa BNC, Bank BRI bekerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia. Ada begitu banyak PTN di Indonesia yang bermintra dengan Bank BRI, diantanya yaitu:

  • Universitas Indonesia (UI);
  • Universitas Brawijaya (UB);
  • Universitas Gadjah Mada (UGM);
  • Universitas Padjajaran (UNPAD);
  • Universitas Airlangga (UNAIR);
  • Institut Pertanian Bogor (IPB);
  • Institut Teknologi Bandung (ITB);
  • Universitas Negeri Semarang (UNNES);
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY);
  • Universitas Negeri Surabaya (UNESA);
  • Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED);
  • Universitas Negeri Makassar (UNM);
  • Dan masih banyak lainnya.

Namun, untuk beasiswa BRI cakupan universitas yang menyelenggarakan beasiswa tersebut baru di daerah pulau Jawa. Jadi untuk kamu yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini, maka kamu harus aktif sebagai salah satu mahasiswa S1 di perguruan tinggi di pulau Jawa.

Baca Juga:  20 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2023/2024 yang Banyak Diminati

Walaupun demikinan, beasiswa BRI ini memiliki kemungkinan untuk semakin berkembang ke daerah lain. Jika beasiswa BRI telah terpenuhi, maka besar kemungkinan peluang untuk penyebaran beasiswa ini akan merata ke seluruh Indonesia. Seperti nama programnya, maka calon penerima beasiswa harus mempunyai kriteria termasuk ke dalam darah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal). Oleh karena itu, beasiswa ini dianggap sangat membantu penerus bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan layak.

Tidak seperti beasiswa lainnya, dimana mahasiswa terikat dengan masa pengabdian jika sudah lulus kuliah. Beasiswa ini membebaskan mahasiswa penerima beasiswanya untuk bebas melanjutkan dibidang yang mereka inginkan sesuai minat masing-masing. Seperti penjelasan diatas, jika mereka berminat untuk bergabung di PT Bank BRI, maka mereka diharuskan untuk mengikuti seleksi sama halnya dengan kriteria yang diberikan secara umum.

Beasiswa BNC biasanya dibuka pada akhir tahun. Seperti periode sebelumnya yang sedang berlangsung, beasiswa ini membuka pendaftaran sekitar akhir bulan pada tahun lalu. Jadi, kemungkinan beasiswa dibuka untuk periode berikutnya yakni pada akhir bulan di akhir tahun antara bulan Agustus sd Desember.

Namun, beberapa perubahan mungkin terjadi untuk beberapa kondisi tertentu. Bisa jadi pada periode berikutnya akan dibuka diawal tahun ini. Sebab itu, sangat penting untuk kamu terus mengikuti informasi terbaru terkait beasiswa dari Bank BRI. Kamu bisa memantau perkembangannya di website resmi pada universitas masing-masing. Atau kamu juga bisa mendapatkan informasi resminya di website resmi yaitu https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Baca Juga:

Untuk jangka waktu tertentu, setiap Perguruan Tinggi memiliki kebijakan masing-masing. Jadi, bisa saja penerimaan beasiswa BRI di universitas kamu lebih awal dibuka dibandingkan di universitas lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai kehilangan informasinya ya!.

Nah, itulah informasi mengenai pendaftaran beasiswa BRI yang bisa admin bagikan. Jangan pantau terus update terbarunya dan bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.