Nilai Rata-Rata SNBP Masuk UIN Jakarta 2024

Berapa nilai raport rata-rata UIN Jakarta?. Tentu saja kamu penasaran dengan pertanyaan satu ini, karena UIN Jakarta merupakan salah satu kampus yang banyak difavoritkan oleh pelajar Indonesia sebagai universitas impian mereka, dan diantara mereka mungkin kamu salah satunya.

Baca Juga: Passing Grade UIN Jakarta + Daya Tampung

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau disingkat “UIN Jakarta” adalah salah satu kampus islam negeri ternama di Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Berawal AIN al Jamiah al-Hukumiyyah Syarif Hidayatullah Jakarta yang didirikan pada 25 Februari 1963. Selanjutnya pada 20 Mei 2002 beralih menjadi UIN Syarif Hidayatullah sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 031/20/05/2002.

Nilai Raport Lolos SNBP UIN Jakarta

Saat ini UIN Syarif Hidayatullah sudah terakreditasi “A” oleh BAN-PT dengan Surat Keputusan No. 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Kampus UIN Jakarta berlokasi di 3 (tiga) lokasi berbeda yaitu:

  • Kampus 1 di Jln. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangsel, Banten;
  • Kampus 2 di Jln. Kertamukti, Ciputat, Tangsel, Banten;
  • Kampus 3 di Jln. Tarumanegara, Pisangan, Ciputat, Tangsel, Banten.

Baca Juga: Rata-Rata Nilai UTBK Lolos Masuk UIN Jakarta

Ditahun 2024, UIN Syarif Hidayatullah menempati urutan ke-41 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan menduduki ranking ke “3309” Dunia versi Webometrics. Bukan hanya itu, UIN Jakarta juga meraih peringkat ke “601” sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Asia versi QS University Rankings.

Nilai Raport Rata-Rata UIN Jakarta yang Diterima

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP adalah salah satu jalur seleksi nasional masuk PTN yang wajib kamu ikuti.

Baca Juga:  30 Jurusan Sepi Peminat di ITERA, Dijamin Lolos SNBP 2024

Di jalur SNBP, ada banyak faktor yang menentukan kelulusan kamu, seperti akreditasi sekolah, portofolio, prestasi siswa, nilai raport, tingkat persebaran alumni, keketatan program studi yang dipilih dan masih banyak lainnya. Diantara semua faktor penentu tersebut, faktor utama yang menentukan kelulusan adalah nilai raport kamu.

Kamu harus tahu!, ditahun sebelumnya tercatat ada lebih dari 13.000 peminat yang mendaftar di jalur SNBP dan lebih dari 17.000 peminat di jalur SNBP UIN Jakarta. Dengan jumlah pendaftar sebanyak itu, masuk ke UIN Syarif Hidayatullah bukanlah hal yang mudah, karena kamu harus bersaing dengan peminat lainnya untuk bisa lolos di kampus ini.

Tapi jangan khawatir, ayo kita prediksi nilai raport minimal agar lolos masuk program studi di UIN Jakarta dengan menggunakan metode perhitungan matematis berdasarkan data peminat, daya tampung dan nilai raport SNBP tahun sebelumnya yang digunakan sebagai gambaran untuk tahun ini.

Nilai raport UIN Jakarta dihitung menggunakan pemograman data acak dengan metode distribusi normal berdasarkan jumlah peminat, keketatan program studi dengan parameter nilai rata-rata (mean) dan standar deviasi yang sudah ditetapkan sebelumnya, selanjutnya diambil batas nilai sejumlah daya tampung program studi.

1. Nilai Raport Rata-Rata UIN Jakarta SAINTEK

Berikut adalah hasil prediksi rata-rata nilai raport minimal lolos prodi SAINTEK yang aman untuk kamu mendaftar SNBP di UIN Syarif Hidayatullah.

2. Nilai Raport Rata-Rata UIN Jakarta SOSHUM

Berikut adalah hasil prediksi rata-rata nilai raport minimal lolos prodi SAINTEK yang aman untuk kamu mendaftar SNBP di UIN Syarif Hidayatullah.

Program StudiJenjangNilai Raport
ManajemenS189
PsikologiS188
AkuntansiS186
Bahasa dan Sastra InggrisS185
JurnalistikS185
SosiologiS184
Ilmu Hubungan InternasionalS184
Ilmu PerpustakaanS184
Ilmu Ekonomi dan Studi PembangunanS184
Kesejahteraan SosialS184
Ilmu HukumS183
Ilmu PolitikS183

Ingatlah!

Nilai raport diatas bukanlah data mutlak agar kamu lolos di PTN ini. Meskipun nilai raport kamu mencapai target skor diatas belum tentu kamu akan dijamin lolos SNBP.

Sebagai contoh, jika kamu mendaftar di jurusan “Manajemen” dengan rata-rata nilai raport minimal ialah “89”, jumlah daya tampung “48” dan jumlah peminat “1.560”.

Agar bisa lolos di program studi ini, kamu akan bersaing 1 : 33 dengan peminat lainnya. Dari keseluruhan nilai raport 1.560 peserta akan dikelompokkan menjadi 48 peserta dengan nilai raport terbaik dan 48 peserta inilah masuk ke dalam 48 kuota daya tampung tersebut.

Jadi misalkan dari 1.560 peminat memiliki nilai raport rata-rata 95, maka besar kemungkinan peserta yang memiliki nilai raport 89 tidak lolos. Namun sebaliknya, jika keseluruh peserta memiliki nilai raport rata-rata 85 maka besar kemungkinan peserta dengan nilai raport 89 akan lolos.

Baca Juga:  Nilai Rata-Rata SNBP Masuk UIN SUKA 2024

Bagaimana?, sudah paham bukan?. Diambil nilai raport terbaik, bukan nilai raport sesuai dengan parameter diatas.

Data rata-rata nilai raport UIN Jakarta ini hanya bisa kamu gunakan sebagai gambaran atau referensi saja. Hal terpenting yang harus kamu adalah belajar dengan giat agar memperoleh nilai raport terbaik dari semester 1 sampai dengan semester 5 dan berdoa untuk supaya lolos SNBP nantinya. Jadi kerahkan seluruh kemampuanmu dengan usaha yang terbaik.

Disclaimer: nilai raport yang disajikan diatas hanya berupa gambaran saja, data tersebut bukanlah nilai valid (resmi) yang dikeluarkan PTN bersangkutan. Nilai ini diperoleh dari hasil prediksi berdasarkan data ketetatan, daya tampung dan nilai raport SNBP tahun sebelumnya. Parameter resmi masih menjadi rahasia masing-masing PTN.

Baca Juga:

Nah, demikianlah informasi mengenai nilai rapor minimal lolos UIN Jakarta yang bisa admin bagikan. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di UIN Jakarta, kamu bisa langsung berkunjung ke lokasi kampus yang tertera diatas, atau kamu juga bisa mengakses website resmi UIN Jakarta yaitu https://www.uinjkt.ac.id/.

Jangan lupa pantau terus update terbaru informasi di blog ini dan bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.