25+ Beasiswa Kuliah UGM T.A 2024/2025

Beasiswa memang suatu hal yang sangat dinanti-nantikan oleh mahasiswa, terutama mahasiswa yang ingin atau sedang melanjutkan pendidikan di UGM yang merupakan salah satu universitas terfavorit di Indonesia. Dapat melanjutkan pendidikan dengan beasiswa UGM merupakan suatu kebanggaan.

Kuliah merupakan salah satu faktor penting yang menunjang masa depan yang diimpikan agar bisa dicapai setelah menempuh pendidikan di PTN manapun, termasuk di UGM. Salah satu informasi yang perlu atau paling banyak dicari oleh mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di UGM adalah beasiswanya. Hal ini tentu saja bukan hanya untuk mahasiswa baru, namun mahasiswa lama pun perlu dan ingin mengetahui beasiswa-beasiswa di UGM.

25+ Beasiswa Kuliah Universitas Gadjah Mada (UGM) T.A 2022/2023
Beasiswa Kuliah di UGM

Dengan kamu mengetahui beasiswa kuliah di Universitas Gadjah Mada, maka kamu nantinya dapat mengikuti salah satu program beasiswa yang ada dengan melakukan pendaftaran dan mengikuti prosedur yang ditetapkan. Jika kamu memperoleh beasiswa tersebut, kamu tentunya dapat menggunakannya untuk uang kuliah dan kebutuhan lainnya.

Lumayan bukan bisa memperoleh beasiswa di kampus yang kamu minati, selain bisa kuliah gratis, kamu pun memperoleh uang jajan tambahan dan bisa mengurangi beban orang tua. Oleh sebab itu yuk cek informasi berikut untuk kamu yang ingin kuliah di UGM dengan beasiswa.

Daftar Beasiswa di UGM

UGM telah menjalin mitra dengan berbagai perusahaan sehingga dapat membuka beragam kesempatan bagi mahasiswa UGM agar dapat memperoleh beasiswa. Beasiswa yang ditawarkan pun sangatlah banyak, jadi jangan takut jika kamu tidak kebagian beasiswanya. Berikut ini admin akan menjelaskan beberapa daftar beasiswa yang bisa diperoleh oleh mahasiswa UGM, simak baik-baik ya!.

1. Beasiswa VDMI (Van Deventer-MAAS Indonesia)

Beasiswa Van Deventer-MAAS Indonesia (VDMI) adalah beasiswa yang pendaftarannya dibuka setiap tahun. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa on going dan mempunya IPK minimal 3.00. Mahasiswa yang menjadi kandidat beasiswa ini harus mampu mempertahankan IPKnya, jika IPKnya turun maka beasiswa akan diberhentikan. Namun sebaliknya jika IPKnya dapat kamu pertahankan maka VDMI akan membiayai kuliahmu hingga lulus S1 (4th) dan D3 (3th). VDMI juga akan memberikan uang saku Rp. 650.000 per bulan, uang tes TOEFL dan bonus bagi yang lulus tepat waktu. Bukan hanya itu, kamu juga akan memperoleh pelatihan capacity building.

Baca Juga:  Pendaftaran Online Bidikmisi 2023/2024 (Jadwal, Syarat dan Cara Mendaftar)

2. Beasiswa Putera Sampoerna Foundation

Beasiswa Putera Sampoerna Foundation adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa S1 Program regular UGM yang berasal dari keluarga dengan latar belakang tidak mampu dan memiliki prestasi selama di tingkat SMA/MA/SLTA/Sederajat.

3. Djarum Beasiswa Plus

Setiap tahunnya, Djarum Foundation menawarkan beasiswa untuk mahasiswa Jenjang Strata 1 (S1) dan Diploma 4 pada semester IV di semua disiplin ilmu, Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki IPK minimum 3.00 pada semester III dan mampu mempertahankan IPKnya minimum 3.00 hingga akhir semester IV.

4. Beasiswa KPMG 4SEAS

Beasiswa KPMG 4SEAS adalah beasiswa dari KPMG yaitu sebuah perusahaan jasa audit, pajak dan advisory berbasis di Asia Tenggara. Beasiswa ini diberikan dengan tujuan untuk mendukung mahasiswa berbakat di bidang ekonomi dan bisnis agar dapat lebih berkembang.

Beasiswa KPMG diberikan kepada mahasiswa S1 ekonomi dan bisnis tahun pertama atau kedua dengan perolehan IPK 3.50/4.00. Kandidat yang memperoleh beasiswa ini nantinya akan mendapatkan kesempatan mendapat biaya kuliah semester, berkesempatan magang di dalam maupun luar negeri, mendapat beasiswa exchange dan mentoring dari professional dan manager berpengalaman.

5. Beasiswa Eka Tjipta Foundation

Beasiswa Eka Tjipta Widjaja adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja untuk mahasiswa baru S1 UGM yang mempunyai prestasi akademi cemerlang dan berkepribadian terpuji serta jiwa kepemimpinan yang tinggi.

6. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan yang ditujukan kepada calon mahasiswa dari keluarga dengan latar belakang kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi. Pendaftaran beasiswa ini biasanya dilakukan sejak awal penerimaan magasiswa baru dan bantuan biaya yang diterima mulai dari semester 1 sd 6 (D3) atau semester 1 sd 8 (S1).

7. Beasiswa Baktinusa

Beasiswa Baktinusa adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa aktif berorganisasi atau disebut juga aktivis kampus. Program beasiswa ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa tingkat 4 beragama islam yang aktif di organisasi dengan memberi biaya aktifitas sebesar Rp. 1jt per bulan selama 6 bulan, mengikuti berbagai pelatihan kepemimpinan, berkesempatan magang di daerah 3T dan lainnya. Hal ini diharapkan mahasiswa dapat berkembang menjadi pemimpin yang kompeten dan berperan aktif di masyarakat.

8. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia dibuka setiap tahun dan diberikan kepada universitas yang sudah menjalin kerjasama, sasaran mahasiswa yang diberikan berumur maksimal 23 tahun. BI menawarkan beasiswa kepada mahasiswa S1 reguler sekurang-kurangnya tekah menyelesaikan 4 semester atau minimal telah mencapai 60 SKS dan memiliki IPK minimal 3.00.

Baca Juga:  Info Beasiswa AAS untuk Kuliah Gratis ke Australia, Simak!

9. Beasiswa PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk adalah sebuah perusahaan BUMN yang menawarkan program beasiswa kepada mahasiswa semester 7 yang memperoleh IPK > 3.00 dan setelah lulus bisa langsung bekerja di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

10. Beasiswa Tokopedia

Tokopedia memberikan beasiswa sebagai bentuk kepedulian untuk membantu kemajuan ekonomi industri digital Indonesia. Beasiswa yang diberikan diharapkan dapat membantu mahasiswa jurusan teknik dan data agar semakin berkembang dan memenuhi kebutuhan industri.

Kandidat yang memperoleh beasiswa ini akan mendapatkan uang UKT selama 2 (dua) semester, uang buku Rp. 1jt, uang saku Rp. 3jt dan biaya wisuda. Mahasiswa yang menjadi sasaran beasiswa ini adalah mahasiswa jurusan teknik dan data yang berprestasi dibidang akademik maupun non akademik, memiliki IPK 3.30/4.00, tertarik dengan perkembangan teknologi di industri internet.

11. Beasiswa Pembangunan Jaya

Beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Marga Jaya Sejahtera ini ditujukan kepada mahasiswa S1 UGM dengan nominal 6 juta/ tahun/ mahasiswa yang menduduki semester 5 atau 7 dan memiliki IPK minimal 3.30.

12. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa yang diberikan BCA Finance diberikan kepada mahasiswa S1 yang berprestasi untuk semua jurusan dan memiliki IPK minimal 3.00 yang minimal telah/sedang menempuh semester 2. Biaya yang diperoleh sebesar Rp. 3 juta/ semester sampai semester 8.

13. Beasiswa Sarjana Muamalat

Lembaga Amil Zakat Nasional (Lazasnas) Baitulmaal Muamalat (BBM) memberikan beasiswa sebagai program pendayagumaan zakat bagi mahasiswa S1. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 berstatus dhuafa dan berprestasi, memiliki IPK 3.00 dan menduduki semester 5 sd 8. Kandidat akan memperoleh beasiswa berupa uang total Rp 5 jt per semester, Rp. 700rb per bulan, bimbingan berkala dan kesempatan magang di Bank Muamalat.

15. Beasiswa PT. Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

Beasiswa yang ditawarkan oleh PT. Inalum ini diberikan kepada mahasiswa S1 UGM yang berasal dari 10 (sepuluh) Kota / Kabupaten di sekitar Danau Toba yang memiliki IPK minimal (Eksakta 2,75) dan (Non Eksakta 3.00).

17. Beasiswa Perusahaan Listrik Negara

Beasiswa yang ditawarkan Perusahaan Listrik Negara ini berupa bantuan biaya hidup sebesar Rp. 5 juta/tahun kepada mahasiswa UGM jenjang D3, D4 dan S1 Reguler.

18. Beasiswa Bank Mayapada

Beasiswa ini diberikan oleh Bank Mayapada kepada mahasiswa UGM yang menduduki semester 2 dengan IPK minimal 3.00.

19. Beasiswa Bank of Tokyo Mitshubishi UFJ

Bank of Tokyo Mitshubishi UFJ memberikan beasiswa kepada mahasiswa S1 UGM Reguler dan berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Budaya dengan IPK minimal 3.00.

20. Beasiswa PT Daya Adicipta Motora

Beasiswa yang ditawarkan PT Daya Adicipta Motora ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan berkepribadian unggu dari keluarga kelompok berpenghasilan marginal. Ada beberapa bidan dan jurusan yang dapat memperoleh beasiswa ini yaitu:

  • Jenjang S1 (Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Kedokteran) IPK terakhir 3,00.
  • Jenjang D3 (Politeknik) IPK terakhir 2,85.
Baca Juga:  6 Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2024/2025

21. Beasiswa Roberto Rocca Education Program

Beasiswa Roberto Rocca Education Program diberikan oleh PT. Tenari kepada mahasiswa UG khusus Fakultas Teknik selama 2 semester yang duduk minimal di semester 4.

22. Beasiswa PT Monsoon Academy

Beasiswa ini ditawarkan oleh PT. Monsoon kepada mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) yang mengambil atau berada di Jurusan Teknik Industri, Teknologi Informasi dan Manajemen.

23. Beasiswa PT Mizan Publika

Beasiswa yang ditawarkan oleh PT. Mizan Publika ini diberikan kepada mahasiswa S1, S2 dan S3 yang menjalani tugas akhir berupa Skripsi, Tesis dan Disertasi.

24. Beasiswa YPKAR

Beasiswa YPKAR adalah beasiswa yang ditawarkan oleh PT. Daya Adicipta kepada mahasiswa S1 atau D3 dengan jurusan Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Kedokteran yang memiliki minimum semester 3 atau tahun ajaran kedua dengan IPK terakhir Jenjang S1 (3,00) dan Jenjang D3 (2,85).

25. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa Karya Salemba Empat atau yang lebih dikenal dengan singkatan KSE adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan Karya Salemba Empat kepada mahasiswa S1 UGM tanpa ada persyaratan IPK.

26. Bantuan Biaya Pendidikan Untuk Mahasiswa Asal DIY

Bagi mahasiswa asal DIY, bergembiralah!, karena Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa UGM asal dan berKTP DIY. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang minimal telah menempuh pendidikan selama 2 (dua) semester dan maksimal 4 (empat) semester bagi D3 dan 7 (tujuh) semester untuk S1/D4 serta memiliki IPK minimal 2,75.

27. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie ditawarkan Yayasan AAB Orbit Hasri Ainun Habibie untuk mahasiswa Jenjang SMA dan S1. Beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan ini terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu Reguler (Partial Scholarship) dan Unggulan (Full Scholarship).

28. Beasiswa Untuk Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu Kab. Bondowoso

Pemerintah Kabupaten Bondowoso memberikan tawaran beasiswa bagi mahasiswa UGM dengan Jenjang D2, D3, D4 dan S1 yang berasal dari Kabupaten Bondowoso dan latar belakang keluarga kurang mampu.

29. Beasiswa-Beasiswa Lainnya di UGM

Selain beasiswa-beasiswa yang admin sebutkan diatas, masih banyak beasiswa lainnya yang ada di UGM seperti beasiswa unggulan Kemendikbud, Beasiswa Tanoto, Beasiswa Lazis PLN, Beasiswa Citiasia Oracle Scholarship Program, Beasiswa PT. Indocement Tbk dan beasiswa-beasiswa lainnya.

Untuk mengikuti program beasiswa yang diberikan kampus Universitas Gadjah Mada bisa akses link berikut https://ugm.ac.id/id/beasiswa/

Baca Juga Terkait UGM:

Nah, itulah informasi mengenai beasiswa kuliah Universitas Gadjah Mada yang bisa admin bagikan. Semoga informasi diatas dapat memudahkan kalian untuk memperoleh beasiswa dan melanjutkan pendidikan di UGM. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu yang membutuhkan ya!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.